Cara Membuat Form Contact Us pada Blog

Cara membuat formulir contact us pada blog - Formulir contact us atau saya lebih suka menyebutnya dibahasan artikel ini adalah layanan hubung kami- yang akan dipasang di beranda blog itu sangat mudah, namun sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuat layanan hubungi kami, ada yang ingin saya katakan terlebih dulu bahwa layanan hubungi kami ini mempunyai nama lain selain dari contact us dan hubungi kami, dan masih ada lagi nama lainnya yang sejenis, yaitu seperti ini:
  • Hubungi Saya
  • Contact Me
  • Hubungi Admin
  • Dan lainnya
Bagi seorang pemilik blog atau website membuat layanan hubungi kami di blog sepertinya sudah menjadi keharusan, karena layanan hubungi kami disamping sebagai kelengkapan blog juga blog yang pasangi layanan hubungi kami akan terlihat dan terkesan lebih profesional.
cara membuat dan memasang menu contact us di blog
Fungsi utama dari layanan hubungi kami yang disimpan di beranda blog adalah sebagai penghubung antara pengunjung atau pembaca blog pada admin blog. Mungkin saja pembaca blog ingin menyampaikan sesuatu atau sekedar bertanya tentang topik yang sedang dibahas di artikel secara pribadi, atau barangkali mau mengajak kerja sama saling menguntungkan, siapa tahu kerja sama itu bisa benar-benar menguntungkan ?

Isi dari menu layanan hubungi kami dan sejenisnya bisa berisi tulisan yang disertai alamat blog atau alamat website atau isinya bisa berupa alamat email, nomor telepon dan lainnya.

Ada dua cara membuat layanan hubungi kami yang akan di bahas di artikel sini, yang pertama cara membuat menu layanan hubungi kami yang berisi alamat email dengan bantuan pihak ketiga secara otomatis dan gratis, dan cara yang kedua membuat menu layanan hubungi kami yang berisi alamat email dengan cara membuat sendiri secara manual namun bisa lebih terlihat keren, lebih menarik. Ok, langsung saja kita bahas cara membuat layanan hubungi kami di blog.

Cara membuat layanan hubungi kami dengan bantuan jasa pihak ketiga

Pertama silahkan kunjungi alamat web ini: http://www.foxyform.com

Setelah halaman web Foxyform terbuka kemudian isi formulir di kotak teks yang tersedia, selanjutnya Anda juga bisa mengubah warna background email, warna teks email, jenis font teks atau ukuran besar kecil teks atau biarkan saja tetap default. Jangan lupa isi juga email kontak Anda yang nantinya akan menjadi tujuan kontak pesan email, isi juga di kotak anti spam protection dengan menuliskan kode reCAPCHA ke kotak teks yang tersedia.

Setelah mengisi formulir Contact Us di web Foxyform selesai, kemudian klik tulisan Create Formular.

Langkah selanjutnya silahkan copy kode yang diberikan, baik secara langsung disitu maupun yang dikirim ke email Anda, kemudian simpan dan publikasikan di laman baru, lihat hasilnya dan ambil URL nya. Selanjutnya URL yang tadi diambil diposting dilaman baru kemudian simpan di header blog atau di bagian footer blog melalui edit template, terserah Anda mau disimpan dimana.

Selanjutnya cara membuat sendiri menu layanan hubungi kami secara manual

Membuat layanan hubungi kami sendiri secara manual mempunyai kelebihan tersendiri yaitu lebih bersih dari link yang tidak dikehendaki.

Untuk membuat sendiri layanan hubungi kami di blog secara manual silahkan Anda tinggal copy kode HTML contact us di bawah ini:
<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<a href="mailto:cilukbacilukba@gmail.com?subject=Judul Email&body=Tulis Email">Lanjut ke Pesan Email</a> </div>
Yang diberi warna merah silahkan ganti dengan alamat email Anda.
Yang diberi warna biru, yaitu keterangan judul email bisa diganti dengan judul email yang Anda mau.
Warna ungu, keterangan pesan email.
Warna hijau adalah link yang jika diklik menuju formulir pesan email.

Langkah selanjutnya yaitu cara menyimpan menu layanan hubungi kami di blog Blogspot atau cara memasang formulir contact us di blog, pertama silahkan masuk ke:
  • Blogger
  • Laman / Halaman
  • Laman Baru
Kemudian di laman baru buat posting dengan judul seperti dibawah ini:
  • Contact Us
  • Contact Me
  • Hubungi Saya
  • Hubungi Kami
  • Hubungi Admin
Pokoknya terserah Anda mau membuat judul yang mana. Jangan lupa sebelum menyimpan kode formulir contact us atau layanan hubungi kami di posting laman baru klik dulu posting laman baru ke metode HTML, kemudian pastekan kode di atas, dan selanjutnya silahkan publikasikan di laman baru kemudian lihat hasilnya.

Ingat! Posting di laman baru sifatnya masih tersembunyi dan selanjutnya untuk memunculkan menu layanan hubungi kami di blog, ambil URL layanan hubungi kami yang tadi di buat posting di laman baru. Contoh link-nya akan nampak seperti ini:

http://carasakrayblog.blogspot.com/p/blog-page_52.html

Kemudian ubah atau buat URL diatas menjadi seperti ini:

<a href="http://carasakrayblog.blogspot.com/p/blog-page_52.html"/>Hubungi Saya</a>

Nah yang diatas hanya contoh saja dan Anda harus mengganti link Atau URL nya dengan milik Anda sendiri.

Selanjutnya Anda dapat menyimpan dan memasang URL menu layanan hubungi kami di atas dibagian footer blog, menu navigasi, atau bisa juga di sidebar kiri dan kanan. Pada umumnya halaman menu layanan hubungi kami dipasang di bagian footer (bagian paling bawah blog) dan header blog (bagian atas blog). Pada tahap ini Anda dapat menyimpannya langsung di dalam template blog Anda.

Jika Anda ingin menyimpan Layanan hubungi kami tanpa melalui edit template silahkan simpan di bagian sidebar atau bilah sisi, caranya, pastikan dulu bahwa Anda telah mempublikasikan kode layanan hubungi kami, baik kode dari pihak ketiga maupun yang dibuat sendiri, pertama silahkan masuk ke:
  • Blogger
  • Tata Letak
  • Tambahkan Gadget
  • Halaman / Laman
  • Simpan
Sampai disini cara membuat formulir contact us atau layanan hubungi kami di blog telah selesai dan untuk melihat contoh demo layanan hubungi kami silahkan telusur link yang ini:
Hubungi Kami

Baca juga:
Cara membuat daftar isi atau peta situs blog

Kesimpulan: Ada dua cara membuat layanan hubungi kami di blog yaitu, cara yang pertama membuat layanan hubungi kami di blog dengan bantuan jasa pihak ke tiga secara gratis dan otomatis. Cara yang ke dua membuat layanan hubungi kami di blog dengan cara membuat sendiri secara manual. Layanan hubungi kami dapat disimpan di blog pada bagian atas atau pada bagian bawah blog dengan cara menyimpannya melalui edit template blog maupun melalui menu tata letak. Semoga dapat membantu.



Jika artikel ini cukup bermanfaat silahkan bagikan artikel ini ke:

Facebook Twitter Google+

0 Komentar "Cara Membuat Form Contact Us pada Blog"

Post a Comment

Berkomentarlah yang sesuai dengan artikel yang anda baca. Komen spam akan terhapus otomatis