Cara Edit Template Blog Menggunakan Hp Android + Aplikasi

Halaman artikel ini akan membahas dengan lengkap bagaimana cara mengedit template blog menggunakan Hp android dan beberapa aplikasi pendukung yang perlu digunakan.

Mengedit template Blogger lewat Hp android sebenarnya cukup mudah, namun masih ada blogger yang bingung bagaimana cara mengeditnya, terutama bagi blogger pemula yang baru pertama kali mau mengedit template lewat Hp.

Oleh karena itu, blog ini akan berbagi pengalaman mengedit template blog menggunakan Hp android dengan mudah dan akan menuliskannya disini.

Sebelum mengedit template blog lewat Hp android, ada hal yang perlu disiapkan dan dimiliki terlebih dulu yaitu aplikasi pendukung untuk edit template, seperti browser Ucweb, browser Chrome, (pilih salah satu saja yang support dengan ponsel Anda), dan Jota Text Editor.

Ketiga aplikasi diatas bisa diunduh di Play store atau mencarinya di penelusuran Google.

Setelah mendapatkan aplikasi diatas selanjutnya buka aplikasi browser Ucweb atau browser Chrome di ponsel android Anda, kemudian masuk ke:
  • Blogger
  • Tema
  • Cadangkan/Pulihkan
  • Download Template
Mengapa harus download template ? Karena untuk mengedit template menggunakan Hp android hanya bisa di lakukan secara offline, kecuali Anda punya aplikasi browser internet yang bisa mendukung edit template blog secara langsung.

Mari kita lanjutkan mengedit template blog

Sebelum men-download template, terlebh dulu beri nama pada file template tersebut agar mudah di ingat dan mudah dicari nanti di file Hp android.

Setelah men-download template selesai, berikutnya silahkan keluar dulu dari browser internet, selanjutnya silahkan buka aplikasi Jota Text Editor (JTE) untuk edit template blog di ponsel android Anda.

Menggunakan aplikasi JTE untuk mengedit template diperlukan penyesuaian setelan pada aplikasi JTE, gunanya untuk memunculkan menu-menu pilihan pada setelan aplikasi JTE, dan bertujuan mempermudah pengeditan template.

Untuk mengatur setelan aplikasi JTE silahkan Anda klik menu opsi yang ada di Hp android Anda (posisi Anda sedang berada di halaman Jota Text Editor), letak tombol opsinya bisa di kiri bawah, tengah bawah, atau kanan bawah, tergantung Hp android yang Anda gunakan, kemudian klik:
  • Preferences
  • Toolbars settings
  • + (Tambah)
Di halaman menu Toolbars setting atau + (tambah )ini akan banyak sekali menu setelan JTE, pilih saja beberapa yang diperlukan, seperti berikut ini:
  • Search: Gunanya untuk memudahkan pencarian kode.
  • Open: Gunanya untuk mencari file yang akan di edit.
  • Copy: Untuk menyalin kode atau tulisan.
  • Paste: Untuk mengeluarkan copy-an
  • Save: Untuk menyimpan file.
  • Font+: Gunanya untuk memperbesar ukuran teks atau kode.
  • Show IME: Fungsinya untuk memunculkan keyboard (untuk mengetik.
Dan masih banyak lagi menu pilihan yang lainnya.

Setelah menu setelan ditampilkan di halaman JTE selanjutnya klik Open, maka Anda akan diarahkan ke file yang tersimpan di Hp android yang didalamnya terdapat file template yang Anda download tadi, selanjutnya cari file template blog Anda, setelah ketemu langsung klik nama file template Anda, maka akan muncul di halaman JTE semua kode template yang jumlah karakternya saja akan sulit untuk dihitung, seperti hutan kode, namun Anda tak perlu bingung, untuk mencari kode dimaksud, manfaatkan saja menu Search (CTRL+F) untuk mencari kode dengan cepat.

Berikutnya silahkan edit template blog Anda sesuai keinginan.

Sesudah mengedit template selesai kemudian klik menu Save, maka otomatis template yang telah di edit akan tersimpan di tempatnya semula.

Sekarang tinggal mengunggah template yang telah di edit ke blog, caranya buka browser Ucweb atau browser Chrome, kemudian masuk ke:
  • Blogger
  • Tema
  • Cadangkan/pulihkan
  • Unggah File
  • Simpan Template
Jika pengunggahan template yang telah di edit tadi berjalan lancar maka akan ada pemberitahuan "Upload berhasil" atau keterang sejenisnya.

Namun, jika pengunggahan template yang telah di edit tadi gagal maka akan ada peringatan berupa teks berwarna merah, biasanya teks yang berwarna merah itulah letak kesalahan pengeditan template yang harus kita perbaiki kembali.

Baca juga: cara posting artikel di aplikasi Blogger via Hp android

Sampai disini cara mengedit template menggunakan Hp android telah selesai. Walaupun diluarsana mungkin ada yang mengatakan bahwa ngeblog menggunakan Hp hanya bisa untuk lihat dan baca saja itu tidak 100% benar dan tidak juga 100% salah.

Memang, ngeblog menggunakan Hp sepertinya terbatas, seperti yang dialami oleh blog ini yang hanya bisa ngeblog lewat Hp android saja, dan pada halaman-halaman web tertentu yang diperlukan untuk perkembangan blog tidak bisa ditembus oleh perangkat Hp. Mungkin sudah saatnya ngeblog pakai PC.

Ups... Jangan kuatir sobat, ngeblog lewat Hp android masih banyak yang bisa dilakukan, bukan hanya sekedar bisa edit template, ngeblog lewat Hp android juga masih bisa melakukan tugas-tugas berat lainnya untuk ukuran sebuah Hp yaitu bisa verifikasi blog ke Google, bisa submit sitemap ke Google, bisa daftar ke Google Analytic, bisa riset kata kunci, bisa cek seo dan masih banyak hal lainnya yang masih bisa dilakukan oleh perangkat Hp untuk memaksimalkan blog yang kita punya.

Pengalaman ngeblog via Hp yang terus dibagi oleh para sobat itulah kunci dari ngeblog menggunakan Hp android masih bisa terus dilakukan.

Dan diluarsana banyak yang menunggu informasi dari pengalaman berharga Anda.



Jika artikel ini cukup bermanfaat silahkan bagikan artikel ini ke:

Facebook Twitter Google+

16 Komentar "Cara Edit Template Blog Menggunakan Hp Android + Aplikasi"

  1. Mantap mas. Di tunggu kunjungan balik nya dirman29.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu.. ditunggu kunjungan baliknya ya

    fadillah-dani.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Keren membantu banget untuk yang editor di Android. Jangan lupa kunbal Unduhdrive.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Sabgat bermanfaat, kunbalnya sob Teguh Site

    ReplyDelete
  5. Ok, silahkan dicoba, mudah kok sob.

    ReplyDelete
  6. Jangan lupa kunjungi juga blog saya candranyeleneh.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Inilah yg saya cari, cara edit template via hp.. Sangat mmbantu gan.. Kunbal. https://caraseonet.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Thanks infonya, kak.


    http://danimeforyou.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Terimakasih informasinya gan, kira kira g ada efek sampingnya upload ulang template gitu

    ReplyDelete
  10. Kalau keseringan bisa menyebabkan turun pengunjung.

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sesuai dengan artikel yang anda baca. Komen spam akan terhapus otomatis