Mengetahui Fungsi dan Kegunaan Menu-menu di Dasbor Blogger

Bagi Blogger pemula yang baru pertama kali membuat blog di Blogger, tentunya belum tahu banyak tentang fungsi dan kegunaan dari setiap menu yang ada di dasbor Blogger. Fungsi dan kegunaan menu blog tentunya untuk mempermudah kita dalam mengelola blog,
disamping itu, dengan mengetahui fungsi dan kegunaan dari tiap menu setelan yang ada di dasbor Blogger/Blogspot, kita akan dengan mudah mengatur setelan blog agar aktifitas ngeblog berjalan lancar.

Untuk lebih jelas bagaimana mengetahui fungsi dan kegunaan dari menu-menu blog, berikut ini adalah penjelasan lengkap menu blog yang ada di dasbor Blogger.
mengetahui fungsi dan kegunaan menu menu di dasbor blogger
Baiklah, untuk pertama kali Anda membuka halaman Blogger maka yang akan Anda lihat adalah deretan daftar menu-menu seperti contoh dibawah ini:
  1. Lihat Blog
  2. Entry Baru
  3. Postingan
  4. Statistik
  5. Komentar
  6. Penghasilan
  7. Kampanye
  8. Laman
  9. Tata Letak
  10. Tema
  11. Setelan
  12. Daftar Bacaan
  13. Bantuan
Yang diatas adalah daftar menu-menu blog yang ada di dasbor Blogger.

Masing-masing menu diatas mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Ada yang menurut kita penting dan pula yang menurut kita tidak penting. Namun, apapun itu, menu-menu blog ini ada untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Untuk menghemat waktu dan tulisan, selanjutnya mari kita bahas satu persatu, langkah demi langkah semua bahasan fungsi dan kegunaan menu-menu blog. Mari kita mulai.

Di halaman dasbor Blogger terdapat kurang lebih 13 menu blog, masing-masing menu mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda, seperti yang dijelaskan dibawah ini:

Lihat Blog: Fungsi dan kegunaan menu lihat blog, jika di klik akan menuju halaman utama blog yang berisi konten atau postingan yang Anda publikasikan, termasuk gadget atau widget, gambar, foto dan lainnya, sekaligus Anda juga akan melihat tampilan template blog Anda.

Entry Baru: Fungsi dan kegunaan menu entry baru untuk membuat atau memposting artikel baru di blog.

Postingan: Fungsi dan kegunaan menu postingan adalah untuk melihat, mengedit, dan menghapus posting artikel blog.
Dan di halaman inilah Anda dapat melihat seluruh posting artikel Anda, baik yang sudah diterbitkan di blog maupun yang masih disimpan di draf.

Statistik: Fungsi dan kegunaan menu statistik adalah untuk melihat seberapa banyak pengunjung blog kita, dari negara mana pengunjung blog?
Memakai browser apa?
Judul artikel apa yang di klik?
Kata kunci apa yang digunakan?
Berapa banyak pengunjung sekarang ini, hari ini, minggu ini, bulan ini?
Nah, semua jawaban diatas ada di menu statistik ini.
Di menu statistik terdapat 4 submenu, yaitu:
  1. Ikhtisar
  2. Postingan
  3. Sumber Lalu Lintas
  4. Pemirsa
Komentar: Fungsi dan kegunaan menu komentar ini untuk melihat seluruh komentar blog.
Di halaman menu komentar ini Anda dapat menghapus komentar, menerbitkan komentar yang di moderasi dan Anda juga dapat melihat dan menghapus komentar-komentar spam.

Penghasilan: Fungsi dan kegunaan menu penghasilan/tab earning adalah untuk melihat dan mendaftar iklan ke Google adsense.
Di halaman menu penghasilan ini Anda dapat menjadikan blog ladang uang dengan mendaftarkan blog ke Google adsense.
Keterangan:
Menu penghasilan ini tidak muncul dasbor blog bahasa Indonesia.
Jika Anda ingin memunculkan menu penghasilan di dasbor blog bahasa Indonesia silahkan lihat panduan lengkapnya. Baca: cara menampilkan tab earning adsense di dasbor Blogger dengan mudah.

Kampanye Fungsi dan kegunaan menu kampanye adalah untuk memperluas cakupan bisnis iklan Anda dengan bergabung, mendaftar dan memasang iklan di Adwords Google.

Laman / Halaman: Fungsi dan kegunaan menu laman untuk melihat dan membuat posting laman baru.
Posting laman baru berbeda dengan posting di entry baru, posting laman baru tidak untuk umum kecuali kita ambil URL posting laman baru dan di tempatkan di blog, umumnya posting laman baru untuk menyimpan posting artikel, diantaranya:
  • Sitemap / Daftar Isi
  • Contact Us / Hubungi Kami
  • Disclaimers / Sanggahan
  • Privacy Policy / Kebijakan Pribadi
  • Dan lain-lain
Di menu laman ini juga terdapat konten yang di impor.

Tata Letak: Fungsi dan kegunaan menu tata letak adalah untuk mengedit dan menambah tampilan halaman blog, diantaranya untuk mengedit favicon, navigasi baru (navbar),header blog, cross column, tajuk, sidebar dan lainnya. Juga berfungsi untuk menghapus dan menambahkan widget, gadget maupun kode HTML/javascript.

Di menu tata letak ini juga terdapat 1 submenu setelan yaitu setelan desainers tema atau desainers template.
Fungsi dari menu desainers tema adalah untuk mengatur setelan yang terkait dengan tampilan halaman blog, seperti mengedit background template atau mengedit latar belakang, mengedit ukuran teks, mengedit warna background template serta mengedit warna teks, menghapus latar gambar dan masih banyak lagi yang lainnya.
Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jelas tentang cara mengatur setelan desainer tema, lihat penjelasan lengkap dibawah tentang menu setelan desainer tema. Baca: cara edit tampilan blog dengan setelan desainer tema di dasbor Blogger

Tema: Fungsi dari menu tema atau template adalah untuk melihat kumpulan template dan juga untuk merubah atau mengganti template blog.

Setelan: Fungsi dan kegunaan menu setelan adalah untuk mengatur setelan blog yang sesuai dengan keinginan.
Untuk mengatur setelan blog buka satu-persatu di submenu setelan yang ada di dasbor Blogger, seperti contoh dibawah ini:
  1. Setelan Dasar
  2. Setelan Pos, komentar, dan berbagi
  3. Setelan Email
  4. Setelan Bahasa dan pemformatan
  5. Setelan Preferensi penelusuran
  6. Setelan Lainnya
  7. Setelan pengguna
Keberadaan menu setelan sangat penting untuk blog, maka dari itu jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara mengatur menu setelan blog yang ada di dasbor Blogger. Baca: mengetahui fungsi dan kegunaan menu setelan dasar di dasbor Blogger

Daftar Bacaan: Fungsi dan kegunaan menu daftar bacaan adalah untuk melihat blog yang kita ikuti atau blog yang telah di follow, dan untuk melihat posting-posting terbaru dari blog yang Anda follow.

Bantuan: Fungsi dan kegunaan dari menu bantuan adalah untuk melapor atau memberi masukkan ke Google, terutama yang berkaitan dengan masalah blog.
Di menu bantuan ini juga terdapat panduan ngeblog.

Demikianlah fungsi dan kegunaan dari menu-menu yang ada di dasbor Blogger.



Jika artikel ini cukup bermanfaat silahkan bagikan artikel ini ke:

Facebook Twitter Google+

2 Komentar "Mengetahui Fungsi dan Kegunaan Menu-menu di Dasbor Blogger"

  1. untuk daftar bacaan itu menampilkan blog orang lain ajaapa bisa juga diisi sama postingan blog kita sendiri kak?
    salam kenal kak main juga ke blog sya

    https://naziezie.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sesuai dengan artikel yang anda baca. Komen spam akan terhapus otomatis