Cara Verifikasi Blog ke Google Webmaster

Apa pentingnya daftar atau verifikasi blog di Google webmaster tool? (Saat ini Google Search Console).

Ternyata verifikasi blog di Google webmaster tool sangat penting sekali, sebab dengan mendaftarkan blog ke Google webmaster tool itu artinya Anda sudah sah dan diakui jadi pemilik resmi blog/website yang telah di daftarkan atau di verifikasi di Google webmaster tool.

Mendaftarkan blog ke Google webmaster tool serta mengirim peta situs blog adalah langkah yang tepat untuk membangun kesehatan blog yang lebih baik, sekarang maupun nanti, karena Google sebagai pemilik mesin pencari terbesar saat ini tentu tidak akan membiarkan setiap blog yang terverifikasi dan mengirim peta situs blog mengalami banyak kesalahan dalam mengelola blog.

Google akan memberi tahu melalui pesan di dasbor Google webmasters tools tentang kesalahan yang ada di blog yang terverifikasi.
Kesalahan yang umum terjadi pada blog adalah kesalahan perayapan, seperti contoh kesalahan perayapan pada blog dibawah ini:
  • Kesalahan Situs: "Tidak ada kesalahan yang terdeteksi dalam 90 hari terakhir. Bagus!"
  • Kesalahan URL: Status 17/09/04
    Desktop
    Ponsel cerdas
    "10 ditemukan dan kesalahan perayapan URL tidak ditemukan."
cara verifikasi blog ke google webmasters tools lewat Hp

Jika kesalahan URL halaman tidak ditemukan dibiarkan terus menumpuk dan menjadi spam maka blog akan mengalami penurunan performa dan yang paling parah sudah tidak bisa ditemukan lagi di mesin pencari. Untuk mengatasi kesalahan perayapan sampai tuntas, baca juga cara mengatasinya di cara mengatasi kesalahan HTTP error 404, halaman tidak ditemukan

Kita lanjut ke soal verifikasi blog. Dengan mem-veriflkasi blog ke Google webmaster dan mengirim peta situs maka Google webmaster tool akan memberi peringatan dini tentang kesalahan apa saja yang ada di dalam blog Anda, dan Google webmaster memberitahukannya pada blog yang terverifikasi kesalahan-kesalahan yang akan tampilkan di halaman beranda Google webmaster tool (Google Search Console).

Oleh karena itu bagi Anda yang ingin verifikasi blog dan mengirim peta situs atau sitemap blog ke Google webmaster tool, dan yang belum tahu bagaimana cara mengirim peta situs ke Google webmaster tool lihat caranya disini cara mengirim peta Situs (sitemap) ke Google Webmaster Tool.

Untuk melanjutkan bahasan cara mendaftar blog atau cara verifikasi blog ke Google webmaster tool ikuti panduan selengkapnya dibawah.

Mari kita simak bagaimana langkah-langkah verifikasi blog ke Google webmasters tools, pertama silahkan Anda masuk ke halaman: Kalau belum login ke Google webmaster tool, biasanya akan diarahkan dulu untuk login ke Google webmaster tool dengan cara memasukkan email Gmail dan sandi Anda ke kotak teks yang tersedia, kemudian setelah halaman Google webmasters tools terbuka selanjutnya cari dan tekan tulisan :
  • Tambahkan Properti
Setelah halaman tambahkan properti terbuka, cari URL blog Anda dan kalau sudah tercantum di halaman beranda Google webmaster tool selanjutnya tinggal klik saja URL blog Anda. seperti contoh URL blog ini http://iniurlblogandaya.blogspot.com

Jika blog masih baru biasanya belum tercantum, solusinya cari di kotak teks yang ada tulisan seperti ini "pilih jenis properti yang ingin dikelola" dan isi di kotak teks tersebut dengan URL blog Anda, kemudian klik:
  • Tambah
Setelah mengklik tulisan tambah maka akan muncul beberapa metode pilihan verifikasi, untuk pengguna Blogspot atau Blogger pilih dan centang saja metode :
  • Tag Html setelah terlebih dulu memilih Metode alternatif atau Alternative methods bagi blog di blogspot
Setelah halaman terbuka kemudian copy kode verifikasi yang diberi di kotak teks yang tersedia dan jangan langsung di verifikasi halaman Google webmaster tadi dan ingat jika Anda nantinya akan edit template secara online, halaman Google webmaster jangan ditutup dulu, sebaiknya simpan dulu kode verifikasi ke template blog Anda di bawah kode <head>,
silahkan masuk ke:
  • Blogger
  • Tema/Template
  • Cadangkan/Pulihkan
Kemudian pastekan kode verifikasi tadi dibawah kode <head>. Setelah memasukkan kode verifikasi ke dalam template blog kemudian klik simpan atau unggah template. Selanjutnya balik lagi ke halaman verifikasi Google webmaster tadi dan klik tulisan:
  • Verifikasi.
Sampai disini cara mendaftarkan blog atau verifikasi blog di Google webmaster tools telah selesai, ditandai dengan terlihatnya tulisan ucapan selamat.

Bagi Anda yang tidak dapat edit template blog secara online atau pengguna Hp yang hanya bisa edit template secara offline tentu, cara verifikasinya sedikit berbeda.
Buat pengguna Hp, cara verifikasi blog ke Google webmaster tool sama saja, dan hanya saja ada sedikit yang membedakan yaitu pengguna Hp setelah meng-copy kode verifikasi bisa langsung klik tulisan:
  • Jangan Sekarang
Setelah meng-klik tulisan jangan sekarang, dan sebaiknya bookmark dulu halaman tersebut untuk memudahkan kita saat kembali nanti ke halaman Tag HTML. Selanjutnya Anda bebas mau apa ? mau ngopi dulu boleh, mau tidur dulu boleh. Mau keluar dulu dari halaman Google webmaster tool juga boleh, asal jangan lama-lama.

Setelah Anda mengedit dan menyimpan kode verifikasi di template blog secara offline dan mengunggah ke blog, kemudian kembali lagi ke Google webmaster.

Ok, bagi yang belum tau cara mengedit template blog menggunakan Hp android saya akan mencoba membantu Anda dengan panduan berikut ini cara edit template menggunakan Hp android + aplikasi.

Setelah menyimpan kode verifikasi ke template blog lewat Hp selesai sekarang saya jelaskan cara kembali ke Google webmaster, pertama silahkan masuk ke:
  • Google Webmasters Tools
  • Tambahkan Properti
  • Tambah
  • Tag HTML
Biar lebih mudah dan cepat saat kembali lagi ke halaman tag HTML, Anda buka saja bookmark tag HTML yang sebelumnya Anda simpan.

Setelah halaman Tag HTML terbuka kemudian cari kode verifikas yang tadi telah dibuat apakah masih ada disitu jika ya, maka langsung saja klik tulisan:
  • Verifikasi
Jika verifikasi blog berhasil maka akan ada pemberitahuan, baik melalui pesan email maupun di halaman webmaster, seperti dibawah ini Selamat Anda adalah pemilik sah dari http://iniurlblogandaya.blogspot.com

Bagaimana menurut Anda, mudah bukan cara mendaftar atau verifikasi blog ke Google webmasters tools ?

Kesimpulan: Dengan cara mendaftarkan atau mem-verifikasi blog ke Google webmastaer tool disamping kita telah resmi jadi pemilik blog yang dikelola dan kita pun jadi tau kesalahan-kesalahan apa saja yang terjadi pada blog kita. Dengan begitu kita akan belajar bagaimana merawat blog yang lebih baik.



Jika artikel ini cukup bermanfaat silahkan bagikan artikel ini ke:

Facebook Twitter Google+

2 Komentar "Cara Verifikasi Blog ke Google Webmaster"

  1. saya kan baru daftarin blog saya di webmaster habis itu udah berhasil , cuman abis itu di suruh verifikasi lewat url saya udah saya klik untuk menuju ke pengaturan webmaster , tapi abis itu ada yulisan maaf laman ini tidak tersedia

    ReplyDelete
  2. Maaf ya baru bisa balas, kelupaan.

    verifikasi blognya lewat metode TAG HTML

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sesuai dengan artikel yang anda baca. Komen spam akan terhapus otomatis