Cara Agar Blog Tampil di Halaman Pertama Google.co.id

Mungkin ada ratusan cara agar blog tampil di halaman pertama Google. Namun, apapun cara untuk bisa menampilkan blog di pencarian google, tentu saja kita bangga jika mampu membuat blog dan artikelnya bisa tampil di halaman pertama Google, dan apalagi jika topik yang dibahas di blog banyak dicari pengunjung di mesin pencarian Google yang jumlahnya bisa mencapai ribuan perhari, bisa dibayangkan berapa banyak pengunjung yang akan masuk dan membaca artikel blog kita yang masuk di halaman pertama Google.

Itu baru 1 artikel blog yang kita buat. Sekarang bagaimana kalau sudah puluhan posting, ratusan posting, bahkan ribuan posting ? Ck ck ck, kebayang.

Ternyata agar artikel blog bisa muncul di halaman pertama Google itu tidak mudah, cara agar artikel blog muncul di google paling atas dengan cepat itu tidak gampang. ada teori dan teknik SEO yang luas yang harus dipelajari dan ada trik rahasia bisa masuk halaman pertama google.

cara agar blog tampil di halaman pertama google


Saking rahasia dan luasnya ilmu SEO niscahya kita akan merasa berat jika memikirkanya sendiri.

Oleh sebab itu, maka bermunculan para pakar SEO (search engine optimazation) yang menawarkan berbagai solusi SEO terbaik, agar postingan blog bisa berada di urutan pertama Google (page one). Ada beberapa dari mereka menyebarkan tutorialnya dengan gratis, dan pula yang premium.

Namun buat para blogger pemula, Anda tak perlu kuatir jika belum tau cara menampilkan blog di urutan pertama google atau belum bisa membuat postingan blog yang SEO. Lagi pula algoritma Google selalu berubah dalam menentukan layak dan tidaknya artikel blog untuk bisa tampil di halaman pertama Google.

Jadi, jika Anda belum mampu membuat artikel blog yang SEO seperti blog ini, jangan terlalu di pusingkan dengan masalah SEO itu.

Karena ada cara sederhana yang bisa diterapkan agar artikel atau postingan blog bisa muncul di halaman pertama Google, yaitu dengan cara-cara sebagai berikut:

Untuk memenangkan sebuah kompetisi, apakah ada cara yang instan untuk menjadi sang juara ?


Semua butuh proses dan latihan

Sabar adalah kuncinya. Karena tak ada cara cepat dan instan membuat blog selalu tampil dihalaman pertama google apalagi blognya masih baru, tentu akan cukup berat jika artikel ingin tampil di halaman pertama Google, dan lagi topik yang dibahas di artikel banyak pesaingnya.

Kita harus tahu bahwa ada kompetisi didalam menempati posisi ranking artikel blog di halaman pertama Google. Ada ratusan, bahkan ribuan peserta yang membahas topik yang sama dengan artikel blog yang kita buat. Semuanya ingin tampil di halaman pertama Google.

Lalu artikel blog siapa yang mau menduduki halaman 2, 3, 4 Google dan seterusnya ?

Menang atau kalah posisi artikel blog tampil dan tidak di halaman 1 Google adalah hal yang wajar. Toh, masih banyak topik-topik lain yang bisa di buat artikel. Siapa tahu Anda juaranya.

Dan Anda tak perlu heran ketika awal mempublikasikan artikel blog terkadang posisi postingan blog langsung berada di halaman pertama Google. Sehari kemudian posisi artikel blog merosot turun ke halaman 2, hari berikutnya mengapa posisi artikel blog yang muncul di google bisa merosot lagi ke halaman 3, 4, 5 dan seterusnya ?

Ini bukan pertanda gagal. Cobalah tunggu hingga 1 sampai 4 bulan bahkan ada yang lebih lama dari itu tergantung seberapa ketat persaingannya.

Sambil menunggu posisi artikel blog tampil di halaman pertama Google, periksa apakah artikel yang telah kita buat sudah menerapkan beberapa hal sebagai berikut agar bisa menaikan posisi blog kita di halaman pertama Google:

Mencantumkan kata kunci
  • Cantumkan kata kunci pada judul artikel
  • Cantumkan kata kunci pada 100 kata pertama pembuka artikel
  • Cantumkan kata kunci pada isi bahasan artikel
  • Cantumkan kata kunci di penutup artikel
  • Cantumkan kata kunci pada deskripsi penelusuran artikel (kalau membuat deskripsi penelusuran)
  • Cantumkan kata kunci pada alt/deskripsi gambar (kalau memasang gambar di artikel)
Gunakan kata kunci utama kedalam artikel sewajarnya saja, tidak berlebihan. Pertimbangkan juga untuk membuat kata kunci yang sering diketikkan orang di Google pencarian agar blog kita mudah ditemukan di Google.

Dan hal yang paling penting agar blog tampil di halaman pertama Google atau agar website tampil dihalaman pertama Google adalah membuat artikel yang berguna bagi pembaca. Oleh karena itu periksa juga apakah artikel Anda sudah menerapkan hal sebagai berikut:

Membuat artikel yang berkualitas

Periksa apakah artikel yang Anda publikasikan di blog sudah cukup berkualitas ? Jika belum, maka update dan edit artikel kearah yang lebih berkualitas agar postingan bisa berada di halaman awal google .

Artikel yang sedang Anda baca ini telah puluhan kali diedit loh.

Lalu seperti apa ciri artikel blog yang berkualitas itu ?

Adalah artikel blog yang berguna buat pembaca dan kaya informasi. Jadi buatlah artikel yang memberi solusi, hiburan, informasi dan pengetahuan bagi pembaca blog Anda.

Agar Anda lebih yakin seperti apa ciri artikel berkualitas SEO, cobalah bandingkan artikel blog Anda dengan artikel yang berada di halaman pertama Google dengan topik bahasan yang sama dengan artikel blog Anda. Lihat dan amati baik-baik. Dan apakah artikel blog Anda sudah lebih bagus dari artikel-artikel yang muncul di halaman 1 Google. Kalau artikel blog Anda lebih baik dari itu maka yakinlah lambat laun artikel blog akan merangkak naik ke halaman pertama Google walau perlahan.

Perlu diketahui bahwa membuat artikel blog yang berkualitas saja belumlah cukup agar blog bisa masuk di halaman pertama Google, maka buat dan perkuat artikel blog yang berkualitas Anda dengan cara seperti dibawah ini:

Membuat artikel yang unik

Artikel blog yang unik adalah artikel yang asli yang berbeda dari yang lain atau artikel orsinil. Jadi pastikan artikel blog Anda bukan hasil menyalin dari blog lain. Artikel blog Anda harus dibuat sesuai dengan pengalaman dan pengamatan Anda sendiri. Mungkin topik yang dibahas sama dengan artikel lain, namun gaya dan cara Anda pastikan itu berbeda dengan blog orang lain.

Dan tahukah Anda ? Membuat artikel blog yang unik cukup ampuh agar judul postingan muncul di halaman pertama Google. Namun masalahnya adalah membuat artikel blog yang unik dan berkualitas itu tidak mudah, yang mudah ya meniru.

Akan saya kasih contoh bahwa artikel blog yang unik memang cukup ampuh untuk menduduki page one Google.

Begini, saya pernah membuat artikel blog dengan judul:
  • Cara mengatasi kesalahan HTTP error 404
Memang artikel blog tersebut tidak unik-unik amat karena sudah banyak yang membahas dengan cara dan step by step yang sama pula.

Namun saya hanya membuatnya berbeda dengan artikel lain dengan gaya bahasa yang unik, bisa dikatakan artikelnya cukup pendek dan norak. Tapi siapa sangka artikel blog tersebut masuk di halaman pertama Google.

Kalau Anda ingin tahu coba ketikkan di Google dengan kata kunci tersebut diatas.

Cek juga di Google dengan kata kunci:
  • "Cara mengirim peta situs blog lewat Hp"
  • "Cara verifikasi blog ke Google webmaster lewat Hp"
  • "Cara posting artikel lewat Hp"
  • Dan lainnya.
Dan mudah-mudahan posisi judul postingannya belum tergeser.

Namun sayang sekali, mungkin semenjak artikel-artikel di blog ini banyak yang di copy paste jadi ada beberapa artikel yang posisinya merosot sementara dari halaman pertama Google, mungkin karena banyaknya duplikat konten. Atau, mungkin juga karena artikel kalah bersaing.

Memang topik artikel tersebut sangat sedikit volume pencariannya. Sedikit sekali. Akan tetapi cukup lumayan buat menambah pengunjung organik. Bukankah mendapat pengunjung organik yang datang dari mesin pencari Google adalah dambaan hampir semua blogger ?

Setelah membuat artikel blog yang berkualitas dan unik, langkah selanjut adalah:

Membuat artikel panjang dan lengkap, 600 sampai 1000 kata sudah lumayan cukup

Artikel dengan jumlah kata yang cukup panjang mempunyai kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan artikel pendek.

Artikel yang panjang disamping akan memperkaya informasi buat pembaca juga akan mempunyai peluang lebih besar untuk bisa tampil di halaman pertama Google dan ditemukan banyak orang.

Sebab, dengan banyaknya informasi dan beragamnya kata atau kalimat yang ditulis maka akan semakin mendekati kueri yang diketikkan orang di mesin pencari yang terkait dengan topik yang kita buat.

Mungkin tidak harus dengan kata kunci utama melainkan dengan kata kunci sinomin orang-orang menemukan artikel yang kita buat. Dengan begitu, artikel akan punya kesempatan dibaca orang dan blog akan jadi lebih terkenal.

Dan rata-rata artikel yang berada di halaman pertama Google memang panjang-panjang. Namun bukan berarti artikel pendek dengan jumlah kata 300 sampai 500 kata tidak ada di halaman pertama Google. Panjang dan pendeknya tulisan artikel tergantung juga dengan topik yang sedang dibahas, misal kalau artikelnya membahas tentang berapa jumlah 10 + 10 =...... Masa iya bahasan artikelnya panjang.

Buatlah artikel dengan jumlah kata yang banyak dan logis, maksudnya membuat artikel yang mengupas topik dengan lengkap, jelas dan mendalam, yaitu dengan cara mengembangkan paragraf-paragraf atau sub-sub judul yang masih relevan dengan topik yang sedang dibahas di artikel, Jadi, bukan membuat artikel yang mengembangkan isinya hanya basa basi.

Membuat internal link dengan artikel yang terkait

Membuat internal link cukup bagus untuk saling menguatkan posisi artikel agar masuk di halaman pertama Google. Dan buatlah internal link dari satu artikel ke artikel lainnya yang masih membahas topik yang hampir sama atau saling terkait satu sama lainnya, contoh:
  • "Cara agar judul postingan tampil di halaman pertama Google"
  • "Cara agar blog muncul di pencarian Google paling atas"
  • "Cara agar website tampil di halaman pertama Google"
Artikel diatas bisa dibuat internal link yang saling terkait.

Untuk membuat link yang bisa di klik silahkan baca cara membuat link yang bisa di klik di posting blog

Membuat artikel yang bersih dan sehat

Kesalahan seperti tautan rusak, spam dan ejaan yang salah adalah sumber kegagalan blog dan website menghadirkan konten berkualitas bagi pembaca.

Kesalahan-kesalahan tersebut akan berdampak buruk bagi citra blog dan website dimata pengunjung. Dengan begitu pengunjung akan meninggalkan blog Anda.

Bersihkan blog Anda dari sampah-sampah tersebut, dan untuk mengetahui tautan rusak di blog Anda silahkan baca Cara memperbaiki broken link di blog, menghapus dan mengganti tautan rusak

Dan untuk mengatasi spam yang biasanya sering terjadi dikolom komentar maka cara mengatasinya cukup dengan menghapus komentar spam dan membuat setelan komentar yang dimoderasi.

Untuk mengatasi kesalahan ejaan silahkan baca dan edit artikel Anda.

Ingat !
Yang terpenting dalam membuat blog agar tampil di halaman pertama Google adalah membuat konten yang berkualitas tinggi dan memberikan pengalaman yang baik dan bermanfaat bagi pembaca.

Langkah selanjutnya agar artikel blog bisa tampil di halaman pertama Google, pastikan bahwa blog Anda telah terdaftar di Google webmaster tool, dengan cara:

Daftar dan verifikasi blog ke Google webmaster tools

Verifikasi blog ke Google webmaster tool adalah hal yang sangat penting dilakukan oleh para webmaster untuk mengoptimasi blog dihasil pencarian Google. Dan dengan begitu Google akan membantu keterlihatan blog Anda dihasil penelusuran Google. Memang tidak ada jaminan bahwa blog Anda akan tampil di halaman pertama SERP Google, namun dengan memverifikasi blog adalah langkah yang tepat untuk mengoptimalkan blog di mesin pencari Google, sekarang maupun nanti.

Bagi para blogger pemula yang belum tau cara verifikasi blog, silahkan baca cara verifikasi blog ke google webmaster tools

Langkah selanjutnya agar artikel blog muncul di halaman pertama Google, periksa apakah blog Anda telah membuat dan mengirimkan peta situs blog seperti dibawah ini:

Membuat dan mengirimkan peta situs blog ke Google webmaster tools

Dengan membuat dan mengirimkan peta situs atau sitemap blog ke Google webmaster tool, maka Google akan cepat me-index dan mengenali artikel yang Anda buat untuk segera memasukkan artikel blog di mesin pencarian Google. mengirimkan peta situs blog ke Google juga bagian paling penting untuk mengoptimasi blog dihasil penelusuran Google.

Bagi yang belum tahu cara membuat dan mengirim peta situs blog silahkan baca cara submit sitemap atau peta situs ke Google webmaster tool

Nah, demikianlah cara agar artikel blog bisa tampil di halaman pertama Google. Dan mudah-mudahan artikel blog Anda dan artikel ini bisa tampil di halaman pertama Google.

Kesimpulan: Untuk blog baru, verifikasi blog dan mengirim peta situs ke Google webmaster tool adalah langkah yang perlu dilakukan untuk mengoptimasi blog di search engine Google. Setelah itu langkah selanjutnya adalah fokus membuat artikel berkualitas, unik dan menarik agar blog tampil di halaman pertama Google.



Jika artikel ini cukup bermanfaat silahkan bagikan artikel ini ke:

Facebook Twitter Google+

27 Komentar "Cara Agar Blog Tampil di Halaman Pertama Google.co.id"

  1. Subhanallah artikel yang benar-benar bagus, tidak bertele-tele dan membuat saya sebagai blogger pemula semangat ingin memperbaiki blog saya yang belum cukup baik. Mampir juga ke BubiHobby ya min biar rame hehe...

    ReplyDelete
  2. Alhamdulilah, saya juga jadi semangat kalau agan semangat.

    ReplyDelete
  3. Sarannya boleh dikerjakan nih biar masuk di page 1
    tks yah

    ReplyDelete
  4. Iya gan, semua butuh proses dan usaha.

    ReplyDelete
  5. Makasih info nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. keren nih
    jangan lupa gan mampir blog ane www.jurussehat.tk

    ReplyDelete
  7. makasih infonya gan.Saya blogger pemula jadi mudah memahaminya.

    ReplyDelete
  8. tapi tetap saya tidak bisa tampil di page one om google -_-

    ReplyDelete
  9. tapi saya tetap tidak tampil di page one om google -_-

    ReplyDelete
  10. terimakasih infonya gan.. sangat menginspirasi. mohon komenannya tentang blog saya yang masih sangat pemula..

    ReplyDelete
  11. Mantap gan infonya semoga berhasil, jangan lupa mampir www.riviewbuku.com

    ReplyDelete
  12. Makasih tulisannya bermanfaat. Salam Gancil.com

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. nice info kak

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sesuai dengan artikel yang anda baca. Komen spam akan terhapus otomatis