Cara Meletakkan Kata Kunci pada Kalimat Artikel Blog

Cara meletakan kata kunci pada artikel blog. Jika artikel ingin ditemukan banyak orang di mesin pencari, memasang kata kunci adalah jawaban yang tepat, sebab artikel atau tulisan tanpa menempatkan kata kunci ibarat orang tanpa nama, sulit untuk dipanggil dan tidak akan ada orang yang sanggup menulis namanya. Begitupun dengan artikel, ia harus mempunyai kata kunci yang bisa dicari dan diketik oleh para calon pengunjung dimesin pencari Google atau mesin pencari yang lainnya agar artikel dapat ditemukan orang. Itulah fungsi utama kegunaan kata kunci artikel di blog atau website selain bahasan pokok.

Note: Kata kunci di dalam artikel blog dibuat berdasarkan kata-kata yang sering dicari atau diketik orang di mesin pencari dan juga sebagai topik bahasan artikel. Kata kunci di artikel blog terbagi menjadi dua bagaian yaitu kata kunci pendek terdiri dari dua suku kata, dan kata kunci panjang terdiri dari lebih dari dua suku kata, misal kata kunci pendek "Sepatu pria", kata kunci panjang "Sepatu kantor untuk pria", lebih panjang lagi "Cara memilih sepatu kantor untuk pria milenial". Kata kunci panjang sering digunakan blogger pemula.

Begitu pentingnya kata kunci yang ditempatkan di artikel, sehingga orang-orang atau para webmaster berlomba-lomba untuk mencari, meriset dan menemukan kata kunci populer yang paling banyak dicari orang untuk digunakan didalam tulisannya. Semua dilakukan agar artikel yang dibuatnya mempunyai kesempatan lebih besar untuk ditemukan dan dikunjungi sampai puluhan, ratusan bahkan ribuan orang lewat mesin pencari.

Namun sayang, kata kunci populer yang ramai dicari pengunjung telah banyak dibahas di blog lain, ini tentu akan membuat persaingan kata kunci di mesin pencari semakin ketat dan berat, baik kata kunci panjang maupun pendek. Walaupun begitu, bukan berarti kita urung menggunakan kata kunci tersebut.

Ok, bagi pemula yamg belum tau bagaimana cara menempatkan kata kunci pada artikel blog, dibawah ini ada tips bagaimana cara menyimpan kata kunci pada paragraf dan kalimat artikel. Jika anda ragu dengan informasi yang ada disini, anda bebas untuk tidak mengikuti tutorial ini.

Mari kita mulai menempatkan kata kunci.

Sebelumnya anda telah meriset kata kunci yang sesuai dengan topik bahasan yang akan anda tulis. Anda dapat meriset kata kunci di Google keyword planner, Google trend, ubersuggest.io, keywordtool.io, dll. Contoh:

Sebagai gambaran saya akan menulis artikel blog dengan topik atau kata kunci "Status Fb keren". Kemudian saya riset topik tersebut terlebih dulu di tool riset kata kunci untuk memastikan ada orang yang mencarinya, ternyata ada. Saya tidak membuat kata kunci dengan tiga kata tersebut diatas untuk di jadikan judul artikel, karena terlalu berat untuk blog pemula seperti saya. Saya menambahkan menjadi kata kunci panjang seperti ini "cara membuat huruf unik dan keren untuk status Fb". Dengan membuat judul tersebut saya berharap ada orang yang mengetik 3 sampai 4 kata di pencarian yang sama persis dengan judul yang saya buat, dengan begitu, artikel yang saya buat punya kesempatan untuk tampil di halaman pertama pencarian karena ada orang yang memanggil kode nya.

Lalu bagaimana cara memasang kata kunci di dalam artikel?

Sebelum kita memasang kata kunci didalam kalimat artikel terlebih kita pahami tentang kerapatan atau kepadatan kata kunci (keyword density) yang akan diletakkan di artikel. Normalnya kerapatan kata kunci 3 sampai 5 persen di artikel atau setara dengan tiap 100 kata di artikel diisi 3 sampai 5 kata kunci.

Didalam tiap 100 kata di artikel Anda dapat membidik dengan kata kunci pendek dua kata seperti (status Fb), maupun kata kunci panjang lima kata, lebih dari lima kata juga ngak apa-apa tidak ada yang larang. Khusus kata kunci panjang jangan dibuat kalimat yang sama persis berkali-kali, kalau bisa gunakan kata kunci sinonim agar tulisan tidak dianggap spam, baik oleh mesin maupun orang.

Contoh membuat kata kunci sinonim (bukan baku):

Jika kata kunci utama artikel blog adalah "cara membuat huruf unik dan keren untuk status Fb" maka kata kunci sinonim (bukan baku) bisa dibuat sebagai berikut:
  1. Cara = Tips, Triks, Panduan, Tutorial, Teknik, Gaya, dll.
  2. Membuat = Membikin, Update, Unggah, dll.
  3. Huruf = Tulisan, Kata, Abjad, Teks, Font, Karakter, dll.
  4. Unik = Berbeda, Aneh, Kreatif, Lain, dll.
  5. Keren = Yang keren-keren silahkan giliran Anda yang mengisinya.
Setelah membuat kata kunci sinonim langkah selanjutnya merangkai kata kunci tersebut pada artikel menjadi kalimat yang relevan dengan isi bahasan dan enak dibaca. Dengan meletakkan kata kunci pada artikel bukan berarti tulisan kita bisa langsung masuk di halaman pertama mesin pencari Google, karena ada ratusan faktor penentu agar artikel bisa masuk di halaman pertama pencarian dan membuat kata kunci yang tepat adalah salahsatu dari ratusan faktor penentu itu.



Jika artikel ini cukup bermanfaat silahkan bagikan artikel ini ke:

Facebook Twitter Google+

0 Komentar "Cara Meletakkan Kata Kunci pada Kalimat Artikel Blog"

Post a Comment

Berkomentarlah yang sesuai dengan artikel yang anda baca. Komen spam akan terhapus otomatis