Cara Memilh Niche Terbaik Untuk Calon Blog Profesional

Cara memilh niche terbaik untuk calon blog profesional. Memilih niche terbaik untuk blog sepertinya perlu dilakukan saat membuat blog baru karena niche blog yang di pilih akan berperan penting menentukan hasil atau tidak sebuah blog untuk meraih sukses di masa mendatang.

Oleh sebab itu, memilih niche blog yang profesional yang bertujuan untuk meraih kesuksesan dimasa yang akan datang, janganlah tergesa-gesa membuat niche blog. Hadirkan sedikit waktu untuk mulai memikirnya.

Jika ada keraguan untuk mulai menentukan niche blog yang benar-benar tepat dengan rasa ketertarikan, minat dan kemampuan, dibawah ini ada beberapa tips memilih niche blog terbaik.

1. Berbekal pengalaman

Sesuatu yang kita kerjakan berdasarkan pengalaman, maka semua pekerjaan itu akan terasa mudah untuk diselesaikan dengan baik dan terus mengalir apa adanya.

Maka dari itu, segera mulai menentukan niche blog, dan goreskan beberapa pengalaman terbaik dalam daftar pilihan niche blog.

Untuk memulai membuat daftar pilihan niche blog, lihat kumpulan daftar niche blog seperti contoh dibawah ini;

Daftar Niche blog tentang;
  1. Wisata dan Alam
  2. Arsitektur
  3. Bisnis dan Keuangan
  4. Pertanian dan Perkebunan
  5. Hewan dan Peternakan
  6. Industri dan Kerajinan
  7. Kecantikan dan Busana
  8. Kesehatan dan Medis
  9. Komputer dan Komunikasi
  10. Otomotif
  11. Makanan dan Minuman
  12. Musik
  13. Olah raga
  14. Internet
  15. Pendidikan
  16. Perjalanan
  17. Sains dan Teknologi
  18. Tempat dan Monumen
  19. Transportasi
  20. Game
  21. Aplikasi
  22. Cerita Pendek {Cerpen}
  23. Puisi
  24. Relationship
  25. Life style
Dan masih banyak lagi daftar niche blog yang lainnya yang bisa dipilih untuk mengisi niche blog kebanggaan kita.

Setelah menemukan niche blog yang terbaik dan cocok dengan keinginan dan pengalaman kita kemudian langkah selanjutnya adalah;

2. Pilih niche blog yang ramai dicari pengunjung

Dalam memilih niche blog harusnya bukan hanya kita yang suka dengan niche tersebut, melainkan juga banyak orang yang mencari dan membutuhkan informasi dari bahasan niche tersebut.

Rasanya akan percuma jika kita memilih niche yang tidak ada pencarinya, ujung-ujungnya kita juga yang kurang beruntung, sudah letih menulis banyak artikel menarik dan berkualitas akhirnya cuma jadi permata terpendam.

Untuk mengetahui bagaimana orang-orang menyukai niche blog, kita bisa mencarinya dengan meriset kata kunci niche blog dengan memanfaatkan tool seperti Google tool keyword planner, keyword.io, suggest.io, dan yang lainnya.

Dengan melakukan riset niche blog, kita jadi tahu berapa banyak jumlah pencarian yang terkait niche blog yang akan kita pilih.

Untuk mengetahui bagaimana cara riset niche blog, caranya hampir sama dengan meriset kata kunci artikel, nah untuk lebih jelas bagaimana mengetahui niche atau kata kunci blog yang banyak dicari orang, silahkan lanjut pada halaman yang ini cara menemukan kata kunci blog yang paling banyak dicari di Google

3. Kembangkan niche blog pilihan menjadi beberapa kategori

Setelah niche blog di pilih dengan baik terkadang yang dipikiran oleh para pemula masih nampak kebingungan untuk langkah selanjutnya, mungkin seringkali hatinya bertanya-tanya, bagaimana cara mengembangkan satu niche blog menjadi berpuluh-puluh artikel, bahkan beratus-ratus artikel.

Kalau kita mau berusaha dan bekerja lebih giat untuk mewujudkannya semua bisa menjadi mungkin.

Supaya tidak kehabisan bahan tulisan dalam mengelola satu niche blog, maka kembangkan niche blog lebih dulu menjadi beberapa kategori.

Misal, niche blog kita adalah "Cerita pendek", kemudian niche blog tersebut dirancang dulu menjadi beberapa kategori, seperti ini;

4. Niche blog "cerpen" dengan rancangan kategori sebagai berikut:
  • Cerpen Persahabatan
  • Cerpen Remaja
  • Cerpen Keluarga
  • Cerpen Romantis
  • Cerpen Misteri
  • Cerpen Kesetiaan
  • Cerpen Inspirasi
Dan masih banyak kategori yang lainnya.

Dengan melihat beberapa kategori yang dikembangkan dari satu niche blog seperti diatas nantinya bisa membuat banyak tulisan.

5. Kembangkan kategori niche blog menjadi beberapa daftar judul

Langkah selanjutnya saat akan membuat tulisan, kembangkan lagi kategori-kategori niche blog menjadi beberapa judul cerpen yang nanti akan kita isi dengan tulisan, misal kita kembangkan kategori "cerpen remaja" jadi seperti dibawah;
  • Ada Apa Dengan Sahabat? /
    Kategori: Cerpen Remaja
  • Tak Ada Kado di Ulang Tahun Aymara /
    Kategoril: Cerpen Remaja
Nah dengan mengembangkan satu kategori niche blog saja kita bisa membuat banyak tulisan.

6. Kembangkan judul menjadi ide tulisan

Setelah membuat beberapa judul, kini tiba saatnya menemukan ide tulisan. Ide tulisan bisa didapat dimana saja, dari pengalaman, membaca, sumber terpercaya, kejadian sehari-hari dan lainnya.

Selanjutnya tinggal bagaimana kita mengolahnya menjadi sebuah blog profesional dengan tulisan yang menarik dan berkualitas, yang bisa membuat artikel yang kita tulis disukai pembaca . Ide memilih niche blog dengan satu topik bahasan sudah ada, tinggal kita sendiri apakah punya kemauan dan kemampuan besar untuk terus mengembangkan kreatifitas menulis agar blog kita benar-benar menjadi blog yang profesional.

Demikianlah bahasan cara memilih, menentukan calon niche blog yang profesional, dan mengembangkannya menjadi sebuah ide tulisan agar mendapat niche terbaik untuk blog kesayangan kita.



Jika artikel ini cukup bermanfaat silahkan bagikan artikel ini ke:

Facebook Twitter Google+

0 Komentar "Cara Memilh Niche Terbaik Untuk Calon Blog Profesional"

Post a Comment

Berkomentarlah yang sesuai dengan artikel yang anda baca. Komen spam akan terhapus otomatis