Cara Memasang Featured Post di Halaman Beranda Blog

Artikel ini akan membahas cara memasang widget featured post atau entri yang diunggulkan pada beranda blog , khususnya memasang featured post otomatis pada bagian sidebar atau bilah sisi.

Apakah Anda ingin memasang artikel otomatis di halaman beranda blog yang disertai gambar dan cuplikan atau ringkasan artikel yang jika di klik akan menuju link artikel yang dimaksud ?

Mari kita bahas bagaimana cara memasang featured post.

cara memasang entri unggulan di halaman blog

Baca juga cara memasang entri populer di halaman sidebar blogspot

Cara memasang widget featured post di beranda blog

Ternyata memasang widget featured post atau entri yang diunggulkan di beranda blog atau halaman antar muka blog adalah bagian penting dalam membangun konten yang berkualitas, karena membangun konten berkualitas tinggi mesti dibuat dan ditata secara keseluruhan.

Dengan adanya pos-pos atau entri-entri, unggulan di beranda blog seperti featured post, pos arsip, entri populer dan yang lainnya akan membuat pengunjung dengan mudah melihat artikel berkualitas unggul di area blog Anda.

Dan tidak menutup kemungkin jika beranda Anda memunculkan featured post yang berisi informasi yang berguna, maka kontennya akan menarik banyak pengunjung dan akan memikat para webmaster untuk menautkan backlink ke konten blog Anda, bahkan mungkin akan banyak pengunjung yang klik dan merekomendasikan dan share artikel Anda ke berbagai media sosial.

Dengan begitu, semakin banyak yang klik dan share artikel, kemungkinan artikel Anda akan merangkak naik ke halaman 1 Google, seandainya kemungkinan itu teramat kecil. setidaknya blog Anda akan jauh lebih terkenal.

Dengan memasang featured post dan menampilkannya di beranda blog akan mempermudah para pengunjung untuk melihat-lihat pos-pos terbaik di blog kita.

Dan kita pun diberi kebebasan oleh Blogger untuk memilih dan menempatkan artikel menurut selera sendiri. Kita bebas memilih artikel mana yang menurut kita cocok untuk dijadikan demo atau contoh terbaik yang akan ditampilkan di beranda blog.

Bagaimana cara memasang featured post di beranda blog silahkan simak caranya dibawah:

Pertama-tama silahkan masuk ke blogger.com, kemudian:
  1. Tata letak
  2. Sidebar/Tambahkan Gadget atau Bilah sisi/ Tambahkan Gadget
  3. Featured Post / Entri yang Diunggulkan
Setelah halaman featured post terbuka maka Anda akan di hadapkan pada settingan featured post seperti contoh tabel dibawah ini:

Konfigurasikan Entri yang Diunggulkan

Judul Gadget


Cuplikan Entri

O Tampilkan judul entri

O Tampilkan cuplikan teks

O Tampilkan gambar

Entri yang Diunggulkan

O Gunakan postingan yang terakhir dipublikasikan

O Pilih entri unggulan



Tombol Filter Penelusuran


Artikel Anda ada disini tinggal pilih saja

Artikel Anda ada disini juga tinggal pilih saja

Postingan sebelumnya

Postingan selanjutnya

Pratinjau
Entri gambar Anda muncul disini

Simpan | Batal | Kembali



Judul Gadget: secara bawaan dari Blogger Judul Gadget adalah Featured Post, namun Anda dapat mengganti judul gadget sesuai dengan kategori artikel Anda, misal:
  • Artikel Terbaru
  • Artikel Terbaik
  • Entri Unggulan
  • Artikel Pilihan
  • Artikel Berkualitas
  • Artikel Hot
  • Artikel Gokil
  • Artikel Terlucu
  • Kabar dan Berita
  • Artikel Trending
  • Cerpen
  • Puisi
  • Anekdot
  • Opini
Pokoknya terserah Anda maunya apa ? Dikosongkan juga tidak apa-apa, bebas, santai saja.

Cuplikan Entri: Anda bebas memilih apakah tampilan fitur Featured Post akan disertai gambar dan judulnya saja atau ditambah dengan cuplikan atau ringkasan teks artikel. Anda tinggal mencentang saja simbol kotak kecil atau simbol bullet yang sesuai dengan yang Anda pilih.

Entri yang Diunggulkan: Apakah akan memilih atau menggunakan postingan yang terakhir dipublikasikan, atau pilih dan centang saja entri unggulan maka Anda akan bebas memilih salah satu artikel Anda yang paling unggul di bandingkan yang lain. Oh iya, Anda hanya bisa memilih satu artikel saja untuk menampilkan entri unggulan.

Semua label: Untuk memunculkan artikel di halaman konfigurasi featured post yang nantinya artikel itu bakal dipilih berdasarkan satu label atau semuanya.

Postingan sebelumnya: Gunanya untuk melihat artikel sebelumnya yang sudah terlewati.

Postingan selanjutnya: Untuk memilih artikel yang berikutnya yang belum tampil seluruhnya di halaman konfigurasi featured post.

Pratinjau: Untuk melihat hasil featured post sebelum benar-benar dipublikasikan di halaman beranda blog atau website.

Simpan: Untuk menyimpan featured post di halaman beranda blog atau website.

Batal: Gunanya untuk membatalkan konfigurasi featured post.

Kembali: Tidak jadi mengkonfigurasi featured post.

Ok, sampai disini cara memasang Featured Post telah selesai. Dan jangan lupa setiap selesai membuat atau mengkonfigurasi widget Featured Post klik Simpan

Demikianlah cara membuat, memasang menampilkan atau memunculkan widget featured post atau entri yang diunggulkan di halaman beranda blog, dan kita tidak perlu repot membuat kode HMTL segala untuk memunculkan featured post bergambar yang disertai cuplikan teks. Featured post sudah otomatis, kita hanya tinggal mengkonfigurasi saja dengan cara mencentang dan klik dan klik. Selesai.



Jika artikel ini cukup bermanfaat silahkan bagikan artikel ini ke:

Facebook Twitter Google+

1 Komentar "Cara Memasang Featured Post di Halaman Beranda Blog"

Berkomentarlah yang sesuai dengan artikel yang anda baca. Komen spam akan terhapus otomatis